Tipikor APBDes Sei. Alai, Jaksa Rumahkan Dua Tersangka

DITAHAN: Tersangka korupsi APBDes Sei. Alai ditahan pihak kejaksaan pada Jumat (23/10). FOTO: SUGENG/PONTIANAKPOST

SANGGAU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau melakukan penahanan terhadap dua dari tiga tersangka terkait dengan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) APBDes di Desa Sei. Alai, Kecamatan Kapuas Tahun Anggaran 2018-2019.

“Tersangkanya tiga orang. Dua orang kami tahan yakni Sekretaris Desa berinisial S dan Bendahara Desa berinisial A. Sementara satu tersangka lagi yakni Kades berinisial AS belum dilakukan penahanan dengan alasan sakit,” ungkap Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sanggau, Kadek Agus Wisesa, Jumat (23/10).

Menurut Kadek, kedua tersangka dititipkan di Rutan Sanggau untuk 20 hari kedepan, kemungkinan perpanjangan dapat dilakukan dikemudian hari.

“Hari ini (Jumat,red), dua tersangka kami antarkan ke Rutan Sanggau untuk dua puluh hari kedepan,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kadek menyebut sebanyak tujuh belas saksi telah diperiksa oleh Kejari Sanggau terkait dengan dugaan Korupsi APBDes di Desa Sungai Alai, Kecamatan Kapuas senilai Rp973 juta. Kasus tersebut terkait dengan penggunaan APBDes Tahun Anggaran 2018 senilai Rp1,2 Miliar dan APBDes 2019 senilai Rp1,3 Miliar.

“Kalau Sungai Alai ini, sebenarnya tidak hanya terpaku pada infrastruktur, tetapi juga pada terkait dengan realisasi dua tahun anggaran itu. Karena kan anggaran ini kan tidak hanya pembangunan tetapi juga untuk gaji, pembelian-pembelian bibit dan lainnya,” jelasnya.

“Anggaran ini, menurut alibinya sih untuk bayar hutang dan juga untuk kepentingan pribadi. Sementara (Pengakuannya) itu. Masih didalami lagi,” ungkap dia. (sgg)

error: Content is protected !!