TMMD ke-110 Desa Tolok Resmi Dibuka
Bupati Karolin Ajak Bersama Kerja Bangun Daerah

Bupati Landak Karolin Margret Natasa membuka TMMD ke-101 Desa Tolok di aula kantor bupati, Selasa (2/3). Foto Miftah

NGABANG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 secara resmi dibuka oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa, di aula kantor bupati, Selasa (2/3). Desa Tolok, Kecamatan Menyuke menjadi sasaran program tahunan dari TNI tersebut.

Program TMMD merupakan akselerasi kegiatan pembangunan didaerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana. Kasrem 121/Abw, Kolonel Infantri Aloysius Nugroho dalam mengajak seluruh masyarakat khususnya di desa Tolok bersama-sama bekerja membangun daerah.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bekerja membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan dibidang teknologi, ekonomi, dan sosial budaya,” terang Aloysius Nugroho ditemui usai acara.

Selanjutnya Aloysius mengungkapkan sasaran kegiatan yang dilaksanakan berupa sasaran fisik yaitu pembuatan sarana dan prasarana serta fasilitas umum masyarakat serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat.

“Kemudian sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas, pertanian, bahaya narkoba, penyuluhan tentang pencegahan dan penanganan Karhutla, sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka mendukung pemerintah memutus penyebaran COVID-19 serta sosialisasi stunting,” ungkap Aloysius Nugroho.

Di tempat yang sama, Bupati Landak Karolin Margret Natasa dalam sambutannya menyampaikan TMMD dilaksanakan dalam rangka melakukan akselerasi pembangunan dan sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan TNI serta seluruh unsur lain yang ada di Kabupaten Landak.

“Kita berharap dengan adanya pelaksanaan program TMMD yang ada di desa Tolok, bisa mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat salah satunya mengenai akses infrastruktur, nanti akan dibangun jalan dan jembatan secara bertahap,” ungkap Karolin.

Selain ada program fisik juga ada program-program pembangunan manusia dalam arti akan ada berbagai penyuluhan untuk masyarakat. Dengan adanya TMMD Karolin berharap masyarakat di Desa Tolok bisa bergotong royong membangun daerahnya dan menjadi semangat untuk menjadi maju dan mandiri.

“Kepada masyarakat Desa Tolok, kita berharap agar bisa bergotong royong dengan TNI dalam membangun desanya, dan semoga bisa menjadi pendorong semangat masyarakat Desa Tolok untuk bisa semakin maju dan mandiri dalam membangun desa,” pinta Karolin.

Pelaksanaan TMMD kali ini masih dalam pendemi COVID-19 dalam hal ini Dandim 1201/Mph Letkol Infantri Dwi Agung Prihanto menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Di tengah pandemi, kami berkomitmen untuk terus melindungi masyarakat dan Kabupaten Landak dari COVID-19 dengan Protokol Kesehatan. Dan dalam TMMD di Desa Tolok, Saya sudah berkoordinasi dengan Bupati Landak sehingga prajurit Kami juga sudah melakukan test swab sebelum terjun ke lapangan,” Kata Dwi Agung. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!