Transparansi adalah Komitmen Pemkab Sintang

SINTANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyebut transparansi dan keterbukaan informasi masih menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang sampai saat ini. Menurutnya, pemerintah daerah dapat melakukan tata kelola pemerintah dengan baik, apabila memenuhi prinsip-prinsip tersebut.

“Memupuk Integritas dalam dinamika pemerintah sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses untuk Informasi dan dokumentasi oleh masyarakat dalam penyediaan dan pelayanan informasi publik yang berkualitas dan profesional,” ungkap Sekda saat membuka rapat koordinasi PPID Utama di Balai Praja, kemarin.

Dirinya menilai rapat koordinasi PPID Utama seperti ini sangat penting dalam upaya melakukan penangganan Covid-19, yang membutuhkan pelayanan untuk keterbukaan Informasi publik secara optimal dan akuntabel.

“Dalam implementasinya keberadaan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi daerah atau PPID, wajib dibentuk sesuai amanah undang-undang. Yang mana merupakan ujung tombak dalam merealisasi berbagai kewajiban badan publik tersebut,” tambahnya.

Demi terbangunnya komitmen dan koordinasi, lanjut Yosepha, diperlukan sinergitas antarbadan publik dan peran optimal dari PPID yang berfungsi sebagai sarana informasi.

“Kepada seluruh komponen masyarakat saya menghimbau untuk membangun kepedulian terkait akses informasi publik. Sebab hak memperoleh informasi dijamin oleh konstitusi guna meningkatkan kapasitas anggota masyarakat,” pesan Yosepha. (fds)

loading...