Trotoar Kembali Dikerjakan

Dilanjutkan: Warga terlihat berjalan di trotoar humanis. Tahun ini lanjutan pengerjaan trotoarnya bakal kembali dilakukan. Mirza/Pontianak Post

PONTIANAK-Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memastikan, di tahun ini lanjutan pembangunan trotoar humanis di Jalan Ahmad Yani akan dilakukan. Jika tak terdapat kendala, lanjutan pengerjaan trotoar sudah bisa dimulai minggu depan. “Tahun ini kelanjutan pengerjaan trotoar di Jalan Ahmad Yani akan dilakukan. Lelangnya juga sudah selesai. Mungkin minggu depan sudah mulai dikerjakan,” ungkap Edi Rusdi Kamtono, kemarin.

Pemerintah Kota Pontianak sendiri, menyiapkan anggaran Rp 10 milyar buat pengerjaan lanjutan tambahan trotoar itu. Selain  menggunakan APBD, pengerjaan trotoar juga mendapat bantuan dari dana Pemerintah Provinsi dan pusat. Kedua anggaran itu akan digunakan buat pengerjaan trotoar dari depan Gedung Kartini hingga bertemu trotoar di depan Taman Arboretum Untan. Kemudian, pengerjaan trotoar lanjutan akan dimulai dari Tugu Digulist hingga simpang Polda. Untuk trotoar di sisi sebelahnya, pengerjaannya akan dimulai dari depan Jalan Sutoyo. “Mudah-mudahan anggarannya cukup, sehingga pengerjaan trotoar selebar enam sampai sembilan meter ini bisa sampai depan Polda,” katanya.

Sementara itu anggota DPRD Kota Pontianak, Rino Pandriya mengingatkan Pemkot Pontianak tentang pembebasan lahan yang bakal terkena pengerjaan pelebaran trotoar ini. “Utamanya untuk lahan swasta. Koordinasi harus dilakukan. Jangan sampai pekerjaan berjalan, Pemkot baru sibuk membebaskan lahan,” singgungnya. Jika demikian yang terjadi. Bakal memperlambat pengerjaan pelebaran trotoarnya sendiri. Sehingga apa yang telah ditargetkan bisa molor.

Rino melanjutkan, pembangunan trotoar yang  dikerjakan ke depan hendaknya di desain sebaik mungkin.  Mengingat lokasinya di Jalan protokol, maka desain yang bakal dibuat harus bagus. Iapun mengingatkan para pekerjanya, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena dalam pengerjaannya tahun ini, Pontianak masih diselimuti pandemi covid 19. (iza) 

loading...