Tugas Baru Menanti 

Muhammad Riqbi / Putra Pariwisata Nusantara Anti Narkoba Tahun 2021

AJANG pemilihan duta (peagent) berhasil mengantarkan Muhammad Riqbi menorehkan ragam prestasi membanggakan. Salah satunya prestasi di ajang nasional yang baru ia terima beberapa minggu lalu. Apa yang membuatnya tertarik mengikuti ajang ini?

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Ketertarikan Muhammad Riqbi, mahasiswa Fakultas Hukum Untan terhadap ajang pemilihan para duta sudah dimulai sejak masih duduk di bangku SMA. Saat SMA, tepatnya kelas 11, cowok yang akrab disapa Abi ini mulai pertama kali mengikuti ajang pemilihan.

“Kala itu saya coba mengikuti ajang duta wisata di daerah saya. Alhamdulillah saya berhasil meraih Top 5 Duta Wisata Kabupaten Ketapang Tahun 2016,” ucap Abi.

Setelah itu, ia mulai aktif mengikuti ragam ajang pemilihan. Bahkan ia berhasil meraih juara meliputi 2nd Runner Up Duta Edukasi HIV/AIDS Tahun 2017, 1st Runner Up Putra Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya Tahun 2018 dan 1st Runner Up Putra Pariwisata Kubu Raya Tahun 2020.

Hingga akhirnya, Abi mengikuti pemilihan Putra Pariwisata Nusantara Tahun 2021. Abi mengatakan pemilihan ini merupakan salah satu goals yang ia nantikan dan berhasil dicapai. Awalnya mengikuti ajang pemilihan ini dimulai dari mengikuti ajang Putra Putri Pariwisata Kubu Raya Tahun 2020. Abi berhasil mendapatkan Runner Up 1 Putra Pariwisata Kubu Raya 2020.

Seharusnya Abi beserta dua pemenang lainnya dikirim untuk mengikuti ajang pemilihan serupa di tingkat provinsi tetapi karena pandemi Covid-19 semuanya batal terlaksana. Akhir tahun 2020 ada pembukaan untuk pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2021 yang dilakukan secara terbuka dan audisi melalui virtual.

“Saya mendaftarkan diri sebagai peserta yang mana jika lolos menjadi finalis akan otomatis menjadi Putra Putri Pariwisata Nusantara Kalimantan Barat 2021” kata Abi.

Abi menceritakan ada tiga tahapan dalam audisi ini, mulai dari seleksi berkas, kemudian semifinalis video profile dan interview. Setelah itu baru dinyatakan lolos sebagai finalis. Selama menjadi semifinalis Abi didukung penuh oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya beserta tim untuk segala persiapannya.

Setelah terpilih menjadi finalis, Abi langsung dinobatkan sebagai Putra Pariwisata Nusantara Kalimantan Barat 2021 oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar. Abi beserta pasangan didukung penuh oleh Disporapar Kalbar untuk mengikuti ajang ini dan tentunya Disporapar Kubu Raya yang selalu memberikan dukungan serta doa.

Bersama tim yang tak lain dan bukan merupakan teman-temannya yang telah mendukung sejak awal, Abi mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan selama ajang berlangsung, mulai dari suit, national costume, hingga persiapan challenge selama virtual quarantine.

Ia juga menambah pembekalan ilmu materi yang terkait pariwisata dan segala aspeknya, teknik dalam berkomunikasi, catwalk dan grooming. Tentunya semua telah dipersiapkan secara matang sejak setahun lamanya bersama mentor dan tim.

Perjuangan Abi tak sia-sia, ia berhasil meraih 4th Runner Up dan memperoleh gelar Putra Anti Narkoba Indonesia Tahun 2021 setelah berkompetisi selama satu bulan lamanya bersama 42 finalis di seluruh Indonesia. Tentu saja prestasi yang diperoleh Abi semakin mengharumkan nama Kalbar.

Abi pun tak kesulitan dengan tugas baru yang diembannya kini, yakni Putra Anti Narkoba Indonesia Tahun 2021. Menurut Abi pada dasarnya masih berhubungan dengan pariwisata yang pastinya akan tetap berbau pariwisata juga.

Kenapa hal ini relate dengan pariwisata? Hal ini dikarenakan  di setiap daerah pasti banyak sekali objek wisata yang didatangi wisatawan dari seluruh penjuru negeri yang tak diketahui apa maksud serta tujuan mereka selain berwisata.

Pengaruh baik atau buruknya pasti akan terkena imbas terhadap pelaku pekerja wisata dan masyarakat sekitar yang tinggal di dekat objek wisata tersebut, hal ini yang membuat betapa pentingnya ilmu pengetahuan terhadap hal negatif salah satunya pengaruh bahaya narkoba.

Hal yang pasti dan akan dilakukan yaitu tetap menggunakan media sosial sebagai platform promosi dan kampanye untuk memberikan ilmu serta kewaspadaan untuk perlindungan sejak dini bagi pelaku pekerja wisata serta masyarakat di sekitar objek wisata terutama bagi anak-anak dan pemuda tentang bahaya narkoba serta akibatnya yang akan dikemas semenarik mungkin sehingga banyak yang tertarik untuk menyebarluaskan informasi ini.

Selain itu juga tentunya Abi di bawah naungan El John Pageants Yayasan El John Indonesia akan berkolaborasi dengan instansi terkait di seluruh Indonesia untuk menggalakkan campaign berwisata aman dan nyaman di Indonesia aja, serta membantu untuk membangkitkan pariwisata yang ada Indonesia.

Kemudian Abi nuga akan tetap terus menjalin hubungan kerjasama bersama Disporapar kalbar dan Disporapar yang ada diseluruh kabupaten/kota Kalbar terkait promosi wisata dan kepedulian terhadap kepemudaan.

Ke depannya, Abi berharap semakin banyak pemuda yang terus mengeksplorasi dirinya untuk tetap berkarya dan melakukan hal positif untuk menggapai impiannya. Tentunya semoga pariwisata yang ada di Indonesia dapat semangat untuk bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, terutama pariwisata yang ada di Kalbar. “Pastinya dibantu oleh kita semua untuk mempromosikannya,” tutup Abi.**

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!