Tujuh Bangunan dan Tiga Kendaraan Ludes Terbakar, Pedagang dan Warga Desa Jongkat Panik

PADAMKAM API: Petugas BPA berusaha memadamkan api di Jalan Parit H Hasan, Desa Jongkat, Kecamatan Jongkat. WAHYU/PONTIANAK POST

MEMPAWAH – Warga Jalan Parit H Hasan, Desa Jongkat, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah dihebohkan dengan musibah kebakaran, Selasa (19/5) sekitar pukul 10.00 WIB. Musibah itu menyebabkan tujuh kios, satu unit mobil dan dua unit sepeda motor hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik, MH membenarkan musibah kebakaran di Jalan Parit H Hasan, Desa Jongkat, Kecamatan Jongkat itu. Kapolres mengatakan, kebakaran dipicu mobil pick-up Suzuki Futura dengan nomor polisi KB 8393 B milik Sarni. Saat itu, Sarni menunggangi mobil naas itu dari arah Sungai Nipah menuju Jongkat.

Menurut sejumlah saksi mata yang melihat kejadian itu, mobil pick-up yang dikemudikan Sarni sudah dalam kondisi berasap. Hanya saja, dirinya tidak menyadari adanya permasalahan yang diduga dari kelistrikan mobil itu. Hingga akhirnya, Sarni tiba di Jalan Parit H Hasan, Desa Jongkat dan menghentikan mobilnya di depan deretan kios miliknya sendiri.

Saat itulah, Sarni melihat ada percikan api dari bagian bawah kabin depan kendaraanya. Dia pun berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air. Namun, usahanya sia-sia lantaran api semakin membesar. Diduga, api yang semakin membesar dipicu adanya jerigen berisikan bahan bakar yang disimpan di kabin depan mobilnya.

Seketika, api semakin membesar dan tak terkendali. Seluruh badan mobil pick-up ludes terbakar. Namun, tak sampai disitu saja. Api yang semakin beringas mulai menjalar ke bangunan kios yang berada di sekitar lokasi kebakaran. Disinilah kepanikan para pemilik kios semakin memuncak.

Material dinding bangunan kios yang terbuat dari kayu dan atap daun membuat api semakin beringas. Dalam waktu sekejap, api sudah melalap sejumlah bangunan kios yang berderet di pinggir Jalan Parit H Hasan, Desa Jongkat, Kecamatan Jongkat itu.

Pemilik kios dibantu warga dan petugas Badan Pemadam Api (BPA) berusaha keras berjibaku memadamkan kobakaran api. Sedikitnya 7 unit BPA dari Jongkat, Sui Purun, Segedong dan Siantan Hulu diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Setelah satu setengah jam berjibaku, petuga BPA berhasil menaklukan si jago merah.

Akibat musibah itu, satu unit mobil, dua unit sepeda motor dan tujuh kios milik pedagang di Jalan Parit H Hasan, Desa Jongkat, Kecamatan Jongkat rata dengan tanah. Pemilik kios hanya bisa pasrah melihat tempat usahanya menyisakan puing.

“Tujuh kios yang terbakar milik Dilham, Arjuna, David, Askia, Siang, Jul dan Sarni yang juga pemilik mobil pick-up yang menjadi pemicu kebakaran. Dalam kebakaran ini, kerugian korban ditaksir Rp 100 juta,” ungkap Kapolres.(wah)

Read Previous

Gidot Divonis Lima Tahun

Read Next

Ketika Anak Terlalu ‘Baper’



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *