5.090 Orang Daftar CPNS Landak
Tujuh Formasi Kosong Peminat

 Marsianus

NGABANG – Pendaftaran CPNS 2021 telah berakhir pada Senin (26/7) lalu. Sebanyak 5.090 pelamar telah mendaftar di 907 formasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak. Kendati jumlah pelamar yang cukup banyak, masih ada tujuh formasi yang tak memiliki peminat.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Landak, dari jumlah pelamar sebanyak 5.090, terdiri dari pelamar CPNS sebanyak 3.776 orang, pelamar PPPK nonguru sebanyak 33, dan pelamar PPPK guru 1.281 orang.

“Formasi yang paling banyak dilamar selama periode pendaftaran yang berakhir pada Senin (26/7) lalu yakni perawat sebanyak 423 pelamar. Perawat banyak ternyata,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Landak, Marsianus di kantornya, Rabu (28/7).

Ia menjelaskan, sejumlah formasi yang tak memiliki pelamar, yakni pengelola irigasi, pengelola peternakan, terampil teknisi transfusi darah, ahli pertama radiografer, ahli pertama penata anestesi, terampil paramedik veteriner, dan ahli pertama arsiparis. “Itu tujuh yang jabatan yang masih kosong pelamar,” kata Marsianus.

Ia mengatakan, saat ini tim panitia CASN Pemkab Landak tengah memasukuki masa verifikasi berkas. Berkas yang diunggah oleh pelamar secara online akan diperiksa, hingga pengumuman pada 3 Agustus 2021 mendatang.

“Kalau waktunya tidak berubah karena kita mengikuti pemerintah pusat, setelah kita umumkan 3 Agustus nanti, kita akan masuk pada masa sanggah. Mulai 4 hingga 6 Agustus. Jadi apa yang dimumkan oleh pemerintah nanti, ada yang merasa ini perlu mereka sanggah, silakan disanggah secara online melalui aplikasi yang ada. Ada waktu tiga hari untuk melakukan sanggahan dari hasil pengumuman yang ditayangkan nanti,” jelasnya.

Setelah pelamar menyanggah hasil pengumuman, tim panitia akan menjawab sanggahan tersebut pada 4 hingga 13 Agustus 2021. Tim ini terdiri dari tingkat kabupaten hingga nasional, yang akan memberikan jawaban dan masukan.

“Setelah itu, nanti ada lagi pengumuman pasca sanggah pada 15 Agustus 2021. Karena bisa jadi, sanggahan yang disampaikan oleh peserta lengkap dengan bukti-bukti, bisa jadi ada perubahan,” katanya.

Ia melanjutkan, dalam penerimanaan CASN baik CPNS maupun Calon PPPK, semua proses melalui sistem, bahkan sistem dikirim secara online. Jadi, hasil seleksi mereka nantilah yang menentukan keberhasilannya. Ia meminta pelamar agar jangan percaya atau tergoda oleh oknum yang menyatakan bahwa oknum tersebut mampu meloloskan pelamar.

Karena menurutnya, hingga saat ini masih ada yang percaya dengan hal tersebut. Tolong dari kita semua menginformasikan bahwa dalam seleksi CASN ini, kecuali hasil usaha masing-masing.

“Baik kelulusan administrasi, atau kelulusan CASN. Tak akan ada satu orang pun yang bisa meloloskannya. Karena ini semua sistem terkoneksi hingga ke pusat. Hasil seleksi pun bisa langsung dilihat setelah tes,” katanya. (mif)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!