Tujuh Hari Dirawat, Pasien PDP Meninggal

MENGURUS: Petugas saat mengurus jenazah PDP meninggal di RSUD dr Rubini Mempawah. ISTIMEWA

MEMPAWAH – Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal dunia di RSUD dr Rubini Mempawah bertambah. Selasa (7/7) pagi, seorang PDP asal Kabupaten Landak menghembuskan napas terakhir. Jenazah PDP berjenis kelamin laki-laki itu dimakamkan sesuai protap Covid-19.

Tim Gugus Tugas Penanganan Cepat Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. Mukhtar mengatakan, PDP meninggal berusia 63 tahun dengan jenis kelamin laki-laki, warga Kabupaten Landak. Pasien masuk ke RSUD dr Rubini Mempawah sejak 30 Juni 2020.

“Statusnya PDP Covid-19, dan telah menjalani perawatan di RSUD dr Rubini Mempawah kurang lebih 7 hari,” jelasnya.

Saat tiba di rumah sakit, ungkap Mukhtar, pasien mengalami sakit dengan gejala batuk dan sesak napas. Setelah melalui pemeriksaan intensif, tim medis RSUD dr Rubini Mempawah menetapkan statusnya menjadi PDP dan menjalani perawatan di ruang isolasi.

“Setelah beberapa hari menjalani perawatan, pasien bersangkutan dinyatakan meninggal dunia. Pasien sudah dilakukan swab, tinggal menunggu hasilnya. Namun, pasien sudah lebih dulu meninggal,” paparnya.

Mukhtar memastikan pengurusan jenazah PDP ini dilakukan sesuai protap Covid-19. Selanjutnya, jenazah dibawa ke pemakaman untuk dikebumikan.

“Saat ini jenazah PDP sudah dibawa tim medis ke tempat pemakaman. Terkait ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Landak,” tegas Mukhtar.

Pemberangkatan jenazah PDP ini mendapatkan pengawalan dari tim Polres Mempawah. Sekitar pukul 12.30, ambulan yang mengangkut jenazah dari RSUD dr Rubini Mempawah diberangkatkan menuju ke lokasi pemakaman.

“Mobil ambulan yang membawa jenazah PDP dikawal oleh 5 personel Polres Mempawah yang dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Mempawah, Iptu Gatot Poerwarno,” terang Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga melalui Paur Humas, Ipda Lidwina.

Berdasarkan data tim gugus tugas penanganan cepat Covid-19 Kabupaten Mempawah, hingga kini ada 4 PDP yang meninggal dunia di RSUD dr Rubini Mempawah.(wah)

loading...