Tujuh Ruko di Semitau Hangus Terbakar

kebakaran
MERAH MEMBARA: Kebakaran yang melalap tujuh buat ruko di Jalan Raden Surif, Desa Semitau Hilir, Kecamatan Semitau, Rabu (9/1) dinihari, sempat membuat masyarakat di sekitar kawasan tersebut gempar. ISTIMEWA

PUTUSSIBAU – Sebanyak tujuh buah ruko di Jalan Raden Surif, Desa Semitau Hilir, Kecamatan Semitau, hangus terbakar pada Rabu (9/10) dini hari, sekitar pukul 00.15 WIB. Informasi kejadian tersebut dibenarkan Kapolres Kapuas Hulu melalui Kasat Reskrim Iptu Siko Sesaria Putra Suma.

Dijelaskan Siko jika kebakaran hebat tersebut menghanguskan setidaknya tujuh buah ruko, di mana identitas pemilik di antaranya, Shijo (50), Romita Rusadi Mindi (34), Sulaidi alias Karo (36),  Abob (40) (memiliki 2 ruko), dan Suandi (40).

Dijelaskan Siko, awal kejadiannya yaitu sekira pukul 00.15 WIB, saksi Ediyanto, karyawan rumah makan milik Abob, mendengar suara orang yang sedang menangis di luar rumah. Dia menambahkan, setelah itu, saksi keluar rumah dan melihat Romita Rusadi Mindi, sedang menangis, di depan ruko, dan saksi juga melihat  banyak kepulan asap dari ruko milik Suliadi alias Karo. “Kemudian saksi membangunkan warga yang lain, Abob, pemilik usaha rumah makan dan keluarganya, memberitahukan telah terjadi kebakaran,” kakta dia.

Sedangkan saksi yang lain, menurut Siko, menceritakan kepada mereka mengenai awal mula api berasal, yakni dari dalam ruko milik Sulaidi alias Karo. Saat kejadian, dari laporan yang diterimanya, ruko tersebut didiami oleh karyawan Karo bernama Joni. Kemudian, dia menambahkan, saksi memberitahukannya kepada warga setempat.

“Tidak lama kemudian, warga bersama anggota Polsek Semitau, personel Manggala Agni, dan Yayasan Bhakti Sukma, bersama-sama memadamkan api dengan menggunakan peralatan mesin robin,” ungkap Siko.

Dari laporan yang didapatnya, api berhasil dipadamkan sekira pukul 02.00 WIB. Adapun total kerugian, jelas Siko, yaitu materil ditaksir sekitar Rp6 miliar. Beruntung kejadian tersebut, menurut dia, tak menelan korban jiwa.

Sementara untuk asal mula terjadinya kebakaran, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya oleh mereka. Selanjutnya, anggotanya akan dilakukan olah TKP oleh Tim Inafis Polres Kapuas Hulu. (arf)

loading...