Tumbuhkan Jiwa Kreatif dan Peduli Sesama

USAI MISA: PMKRI CC Sambas foto bersama setelah selesai Misa bersama di Kapel Pastoran bersama Pastor, Suster dan Anggota PMKRI Cabang Bengkayang.

PMKRI Calon Cabang Sambas 

Bagi teman-teman mahasiswa-mahasiswi, kehidupan bukan hanya perkuliahan lalu pulang ke kos atau rumah. Pastinya boring kan? Well, solusinya ikutlah organisasi seperti PMKRI CC Sambas yang berperan aktif dalam solidaritas bantuan untuk masyarakat.

By: Petro Nela Nia

BANYAK komunitas ataupun organisasi yang ada di Sambas. Salah satunya Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia atau PMKRI Calon Cabang Sambas yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswi yang ada di Sambas. Tujuan mulia dari organisasi ini adalah untuk menghayati dan  mengamalkan nilai-nilai etis serta moral Katolik.

PMKRI Calon Cabang Sambas sendiri sebelum menjadi Cabang  harus melalui beberapa tahapan yaitu Kota Jajakan pada tahun 2018 awal dan masih didampingi oleh PMKRI Cabang Bengkayang dan ketua koordinator, kemudian pada tahun 2020 awal menjadi Calon Cabang dan sudah melakukan RUACC (Rapat Umum Anggota Calon Cabang) dan sudah memilih Ketua Presidium dan Jajaran Presidiumnya. Pada tahun 2022 nanti PMKRI Calon Cabang Sambas akan menjadi PMKRI Cabang Sambas.

BEDAH RUMAH: Aksi bedah rumah berkolaborasi dengan beberapa organisasi di Sambas.

“Keinginan awal dari terbentuknya PMKRI CC Sambasini untuk membuat wadah bagi mahasiswa-mahasiswi Katolik yang ada di Sambas untuk menyalurkan ide, kreativitas dan juga menjadi organisasi pengkaderan yang menjiwai nilai-nilai kekatolikan dan berjuang untuk gereja serta tanah air,” tutur Fransiska Vira Septiadewi selaku Ketua Presidium PMKRI CC Sambas.

Ditambahkannya, tujuan dari PMKRI CC Sambas sendiri adalah ikut serta dengan penuh tanggung jawab untuk menebus amanat penderitaan rakyat demi tercapainya masyarakat adil dan makmur yang berdasarkan Pancasila. Sesuai dengan semboyan misioner PMKRI yaitu  Pro Ecclesia Et Patria artinya untuk Gereja dan Tanah Air.

PMKRI CC Sambas digerakkan oleh para anggota yang berkompeten dan peduli terhadap masyarakat di Indonesia, khususnya Kalimantan Barat. Untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti bantuan sosial kepada masyarakat dan diskusi-diskusi yang bekerja sama dengan para stakeholder yang ada di Sambas.

“Pada awal PMKRI CC Sambas menjadi kota jajakan anggota intinya hanya berjumlah enam orang dan semuanya perempuan atau Srikandi dan mulai bertambah sampai sekarang sudah berjumlah dua puluh satu orang  anggota termasuk ketua sampai jajaran presidium dan biro-biro, ” ujar mahasiswi Politeknik Negeri Sambas ini.

AKSI BERSIH: Kegiatan cleanup for peaceful, aksi bersih-bersih terbesar di dunia yang diadakan di Sambas dengan berkolaborasi dengan organisasi-organisasi di Sambas.

Vira menambahkan kesulitan dalam memimpin PMKRI CC Sambas pastinya ada karena tergabung mahasiswa-mahasiswi yang mempunyai pemikiran dan pendapat yang berbeda-beda. Anggota PMKRI CC Sambas juga bukan hanya tinggal di kabupaten Sambas tapi di beberapa kabupaten lain yang tentu saja untuk menentukan waktu bersama sulit. Selain itu semuanya sudah pada tupoksinya masing-masing. Tetapi, kesulitan dan beban tersebut menjadikan sebuah tantangan dan pelajaran berharga yang tidak terlupakan.

Kegiatan-kegiatan juga beragam seperti menyalurkan ide, kreativitas  dan kompeten dalam kegiatan sosial seperti memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta membangun jiwa agar memiliki jiwa yang bertanggung jawab akan bangsa pada setiap anggota dan untuk belajar public speaking.**

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!