Tumbuhkan Toleransi di Tengah Keberagaman

SADAR KERUKUNAN: Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, saat memberikan arahan saat dalam peluncuran Desa Sungai Raya menjadi salah satu Desa Sadar Kerukunan di Kalimantan Barat. Ashri Isnaini/Pontianak Post

SUNGAI RAYA – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengimbau masyarakat Kubu Raya untuk terus memupuk semangat toleransi kerukunan antarumat beragam. Dengan terawatt dan terus tumbuhnya semangat untuk saling menghormati, menghargai dan toleransi kerukunan kata Muda secara tak langsung bisa berkontribusi membuat kabupaten dengan Sembilan kecamatan ini selalu kondusif.

“Baru-baru ini, Desa Sungai Raya diluncurkan sebagai Desa Sadar Kerukunan. Saya berharap predikat sadar kerukunan ini bukan sekedar menjadi simbolis saja, namun harus ada semangat dari semua kalangan seperti tokoh agama, masyarakat, pemuda, kaum perempuan dan semua pihak terkait lainnya untuk terus terlibat merawat, menjaga, dan memupuk semangat toleransi dan kerukunan di tengah keberagaman masyarakat,” kata Muda Mahendrawan, Jumat (13/11) kepada wartawan, di Sungai Raya.

Selain di Desa Sungai Raya, Muda pun menginginkan semangat toleransi kerukunan bisa terus dipupuk dan dirawat secara bersama oleh masyarakat di desa-desa lainnya di Kubu Raya.

“Saya juga berharap bagi masyarakat Kubu Raya, untuk terus bersemangat memupuk semangat toleransi kerukunan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting dilakukan karena secara tak langsung juga berkontribusi membuat daerah kita menjadi selalu kondusif, aman, tenteram, damai karena toleransi kerukunannya terus tumbuh,” ungkapnya.

Kepala Desa Sungai Raya, Pitut Dwi Yugiono menambahkan dalam upaya merawat dan menumbuhkan semangat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Desa Sungai Raya, dia mengimbau para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan semua pihak terkait lainnya bisa terus bersinergi dalam membangun Desa Sungai Raya dan Kubu Raya lebih baik terutama dalam konteks toleransi kerukunan dan saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terus memupuk kerukunan di tengah keberagaman masyarakat.

Pitut pun mengaku disetiap kesempatan pihak  Pemerintah Desa Sungai Raya selalu mengingatkan dan memberikan imbauan bagi masyarakatnya untuk terus bersemangat menjaga dan menumbuhkan sikap toleransi kerukunan terutama dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya akui, hingga saat ini belum ada Perdes khusus yang mengatur mengenai toleransi dan kerukunan antarumat beragama ini, namun di setiap kesempatan kami terus memberikan imbauan bagi masyarakat untuk terus saling memupuk semangat saling toleransi, menghargai, menghormati, memupuk kerukunan dalam kehidupan sehari-hari termasuk saling melibatkan jika ada kegiatan,” pungkasnya. (ash)

 

 

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!