Tunggu SK Penetapan Gubernur

PONTIANAK – Penetapan Ketua DPRD terpilih menunggu SK dari Gubernur Kalimantan Barat. Hal itu disampaikan anggota DPRD Kota Pontianak Firdaus Zarin.

Politis dari Partai Nasional Demokrat itu kembali menduduk jabatan sebagai Wakil Ketua I di DPRD Kota Pontianak. Wakil Ketua II dipegang oleh Naufal Ba’bud dari Partai Gerindra dan Wakil Ketua III dipegang oleh M Arif, politis dari Partai Keadilan Sejahtera.

Posisi Ketua DPRD kembali dipegang politis PDIP, Satarudin. Sebelumnya dia juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Pontianak. Namun anggota legislatif itu mengundurkan diri dari dewan karena maju menjadi Wali Kota Pontianak.

“Masing-masih sudah mengantongi SK dari DPP untuk penepatan ketua hingga wakil ketua. Paripurna juga sudah digelar untuk melegalkan,” jelas Firdaus kepada Pontianak Post, siang kemarin.

Firdaus melanjutkan hasil paripurna yang digelar itu selanjutnya diteruskan ke Gubernur Kalimantan Barat untuk penentuan jadwal pelantikan yang akan dilakukan di Pengadilan Negeri.

“Tinggal menyesuaikan waktu gubernur. Begitu SK penetapan sudah keluar maka pelantikan bisa dilakukan,” jelas Firdaus.

Firdaus melanjutkan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan adalah pembahasan tatib dan kode etik bagi anggota dewan. Untuk pembahasan inipun sudah dibentuk pansus.
“Untuk pembahasan inipun saya rasa tidak banyak berubah. Sebagaimana UU MD3 juga belum ada perubahan,” sebut Firdaus.

Setelah itu baru berlanjut dengan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan. AKD DPRD diantara lain Badan Musyarawah, Komisi, Badan Anggaran, Badan Kehomartan, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Untuk AKD, lanjut dia, seperti Banmus secara otomatis diketuai oleh Ketua DPRD Kota Pontianak. Begitu juga dengan Ketua Badan Anggaran.
“Lobi-lobi fraksi sudah jalan untuk pembentukan AKD. Termasuk pembahasan pembentukan komisi dari A hingga D. Begitu juga dengan BK maupun Bapemperda,” jelas Firdaus. (mse)

Read Previous

HUT SMA Negeri 10 Datangkan Budi Doremi

Read Next

Bhakti Sosial BKKBN Bersama Mitra

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *