Turunkan AKI, AKB dan Stunting

KATA SAMBUTAN: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sintang, Yustinus J saat memberikan kata sambutan dalam workshop terkait AKI, AKB, dan stunting.FOTO ISTIMEWA

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sintang tengah berupaya menggandeng stakeholder terkait yang memiliki kepedulian terkait isu Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan stunting. Guna menurunkan kasus-kasus yang dapat mengurangi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sintang, Yustinus J mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang berkaitan dengan upaya bersama menurunkan kasus AKI, AKB, dan stunting di Bumi Senentang. “Mengingat kegiatan AKI, AKB dan stunting merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Yang dimana Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan semua pihak agar pembangunan Kesehatan dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan,” katanya.

Ketiga hal tersebut, ujar Yustinus merupakan tantangan yang harus dihadapi. Karena 3 masalah kesehatan ini merupakan isu strategis. Yang dimana Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah wajib melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya dapat menanggulangi ketiga kasus tersebut. “AKI, AKB, serta stunting diperlukan kerjasama lintas sektoral,” katanya.

Adapun kata Yustinus, penurunan angka stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang bisa menghambat tumbuh kembang anak dan penurunan produktivitas. Untuk menekan AKI di Kabupaten Sintang, maka diperlukan kerjasama dan koordinasi antar lintas sektoral maupun lintas program. “Saya mengimbau untuk bersama berkomitmen peningkatan kualitas mutu layanan kesehatan bagi ibu, anak dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan pencegahan stunting,” katanya.

Ia juga berharap agar terjadi peningkatan kerjasama menjadi lebih baik dengan lintas program dan lintas sektoral untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kesehatan ibu dan dan anak demi terwujudnya penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Sintang. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!