UGD Disiagakan 24 Jam, Puskesmas dan RSUD Landak Buka Pelayanan saat Lebaran

NGABANG – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Landak tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur lebaran Idul fitri.

Seluruh puskesmas dan rumah sakit tetap membuka pelayanan, seiring ditiadakannya cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Subanri menegaskan, pelayanan di Puskesmas dan RSUD selama libur Idul Fitri 1441 tetap dilakukan selama 24 jam. Jam pelayanan tetap tidak ada perubahan dengan menyesuaikan jam kerja.

“Puskesmas tetap buka 24 jam. Petugas stand by di Puskesmas dengan sistem piket untuk pelayanan selama libur lebaran ini,” kata dia, dihubungi Pontianak Post, Kamis (21/5).

Nantinya akan ada petugas piketnya untuk melayani masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Puskesmas hanya mendapatkan jatah libur selama dua hari saja. Masing-masing pada Minggu (24/5) yang bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri dan Senin (25/5) sebagai cuti Lebaran.

“Tapi libur kan tidak lama, Selasa depan sudah masuk semua karena tidak ada cuti bersama. Cuti bersamanya digeser ke akhir tahun,” jelasnya.

Ia mengatakan petugas di Puskesmas dilengkapi dengan alat pelindung diri saat pelayanan. Hal ini bertujuan tak lain mencegah potensi penularan covid-19. Sebab banyak pasien positif covid-19 yang tidak bergejala.

Sementara RSUD Landak tetap Unit Gawat Darurat (UGD) selama lebaran, meski poliklinik ditutup selama dua hari.

Direktur RSUD Landak dr Wahyu Purnomo mengatakan, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, tenaga kesehatan, paramedis, ambulans, hingga kebutuhan obat-obatan disiagakan secara khusus dalam menghadapi Lebaran.

“Pada hari pertama dan kedua Idul fitri Poliklinik tutup. UGD tetap buka,” kata dia.

Ia melanjutkan, bagi petugas yang mengawasi rumah singgah di RSUD Landak juga tetap disiagakan 24 jam. Mengingat, rumah singgah ditempati sebanyak empat orang OTG yang diisolasi, dan satu pasien positif Covid-19.

“Petugas rumah isolasi (rumah singgah) tetap dinas, bergantian sesuai jadwal piket,” pungkas Wahyu. (mif)

Read Previous

Bupati Motivasi Korban Kebakaran di Jongkat

Read Next

Mari Sambut Idul Fitri dengan Saling Berbagi kebahagian