Ungkap Sejarah Sejarah Pemerintah Kayong Utara, Pemkab Datangkan Sejarahwan dan Arkeologi

GOTONG ROYONG : Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani melaksanakan gotong royong bersama perangkat dan masyarakat Desa Harapan Mulia di Gunung Lalang, Sabtu (13/6).  Foto Humpro Setda KKU Japri For Pontianak Post. 

SUKADANA-Untuk mengungkap sejarah dan misteri daerah yang belum terpecahkan, Pemerintah Daerah akan berupaya mendatangkan sejarahwan serta arkeologi ke Kayong Utara. Hal tersebut diungkapkan Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani ketika melaksanakan gotong royong bersama perangkat dan masyarakat Desa Harapan Mulia di gunung lalang, pada Sabtu pagi (13/6) . Bupati Citra juga mengatakan bahwa ke depan daerah Gunung Lalang akan dijadikan objek wisata yang nantinya akan dikelola oleh desa.

“Gunung lalang ini akan kita jadikan objek wisata, tapi nanti namanya akan dirubah menjadi Bukit Bunga sehingga kalau terlihat dari bawah atau jalan, maka akan terlihat warna warni bunga yang indah dan ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang nantinya akan dikelola oleh pihak desa,” ucap Citra.

Kemudian Citra juga menginginkan agar bukit yang memiliki sejarah dan lebih dari 300 makam orang Tionghoa tersebut untuk dijadikan wisata religius dan wisata alam yang nantinya akan dikemas dan akan dikerjasamakan dengan Yayasan ASRI serta OPD terkait kemudian nantinya akan dilakukan penanaman kembali berupa tanaman keras supaya gunung tersebut tidak gundul, akan tetapi juga diselingi dengan berbagai jenis tanaman bunga sehingga akan terlihat lebih menarik.

Selanjutnya, Bupati Citra berpesan supaya kegiatan gotong royong ini dilakukan secara rutin dan selalu menjaga agar tidak terjadi karhutla. “Mengingat daerah ini akan dijadikan tempat objek wisata, Saya berpesan supaya kegiatan gotong royong ini harus tetap dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali, dan saya juga menginginkan kepada pihak desa untuk bekerjasama dengan pihak yayasan dasa marga supaya bisa bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah kita ini, terlebih lagi ini akan kita jadikan tempat objek wisata dan apabila ini terwujud maka perekonomian masyarakat akan meningkat,” tutur Citra.

Pada kesempatan ini, Bupati beserta masyarakat juga melakukan ziarah ke makam Sidang Panape yang tak jauh berada di batu balai gunung lalang.  Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Sukadana, Danramil Sukadana Kepala Desa Harapan Mulia beserta Perangkat serta pihak yayasan dasa marga tionghoa Kecamatan Simpang Hilir. (dan/humas).

loading...