Untan Pecahkan Rekor Wisuda Terbanyak

wisuda untan

PONTIANAK–Universitas Tanjungpura memecahkan rekor wisudawan terbanyak sepanjang sejarah, Rabu (30/10). Akan ada 2562 mahasiswa yang akan diluluskan oleh Untan di periode pertama tahun ajaran 2019/2020 ini.

Akibat dari banyaknya mahasiswa yang diluluskan dan keterbatasan Auditorium Untan sebagai tempat penghelatan, acara wisuda kali ini diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada hari Rabu (30/10), dan sesi kedua pada Kamis (31/10).

Prof  Garuda Wiko selaku Rektor  Untan memberikan apresiasinya kepada wisudawan karena telah berhasil menyelesaikan studi dan berhak menyandang status alumni Untan. Ia pun berpesan agar mahasiswa bisa menyempurnakan ilmunya dengan mempelajari softskill selain keilmuan teknis yang telah didapat.

Ia pun tak lupa mengingatkan untuk selalu mempelajari softskill bagi lulusan untan agar bisa terserap dalam dunia pekerjaan. “Sebuah riset di Amerika, yang dilakukan kepada 8000 manager perusahaan menyimpulkan bahwa softskill merupakan kompetensi utama yang diperlukan bagi seluruh bidang pekerjaan,” katanya.

Lanjutnya ia berharap agar wisudawan bisa memberikan perubahan, mengaplikaskan ilmu yang telah dipelajari dibangku perkuliahan. Ia juga berharap lulusnya mahasiswa untan bisa membantu dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan masyarkat.

“Saya berharap gelar ini tidak hanya sekedar himpunan huruf yang diletakan pada akhir nama, tapi juga sebagai manifestasi dari keinginan serta idealisme untuk melakukan perubahan-perubahan,” imbuhnya.

Senada dengan Garuda, Usman Agani yang mewakili Ketua Ikatan Keluarga Alumni Untan  meminta agar wisudawan terus meningkatkan kompetensi meskipun telah lulus dari dunia perkuliahan, menurutnya proses pembelajaran harus terus dilakukan demi menghadapi zaman yang tantangan semakin meningkat.

“Untan tiap tahunnya meluluskan ribuan mahasiswa, belum lagi lulusan dari perguruan tinggi lain di Kalimantan atau anak Kalimantan yang kuliah di luar yang akan pulang kampung tentu akan menjadi saingan anda-anda semua.”

“Maka dari itu sangat dituntut kompetensi-kompetensi lulusan Untan untuk berkompetisi di pasar kerja hal ini dikarenakan kompetensi yang diperlukan bagi lulusan saat ini tentu jauh lebih ketat, lebih jauh dan rumit,” tutupnya.

Adapun ribuan wisudawan itu berasal dari berbagai program, Diploma, Sarjana, Pascasarjana, Doktoral dan Profesi. Dari 201 Diploma, 1.974 Sarjana, 216 Pascasarjana, 2 Doktoral dan 169 program profesi.

Untuk program Sarjana,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi penyumbang mahasiswa terbesar dengan 734 mahasiswa atau sama dengan sepertiga dari total lulusan sarjana. Lalu terbanyak kedua adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan 300 mahasiswa. Kemudian disusul Fisip dengan 243 mahasiswa, Teknik 174 mahasiswa, MIPA 136 mahasiswa, Pertanian 127 mahasiswa, Kedokteran 92 mahasiswa dan Fakultas Kehutanan menjadi yang paling sedikit menyumbang dengan 60 mahasiswa atau setara dengan 3.04 persen dari total sarjana yang diluluskan kali ini. (adi)

 

loading...