Upacara Puncak HUT ke 12 Kubu Raya

Bangun Infrastruktur dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

PUNCAK Peringatan Hari Ulang Tahun ke-12 Kubu Raya yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya berlangsung semarak. Lebih dari seribuan Aparatur Sipil Negara bersama masyarakat di kabupaten ini tampak antusias mengikuti upacara peringatanHUT ke-12 Kubu Raya. Dengan mengenakan pakaian adat dari beragam daerah di Indonesia mereka tampak berbaur dalam kebersamaan mengikuti Tari Harmoni dan Joget Pesona secara massal.

Peringatan puncak HUT ke-12 Kubu Raya ini bertambah semarak, saat Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Dubes Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Peter Mac Arthur dan rombongan berbaur dalam kebersamaan dengan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam bersama istri dan jajaran Forkorpimda dan para undangan turut mengikuti tari Harmoni dan Joget Pesona.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan momen ulang tahun ke-12 Kabupaten Kubu Raya diharapkan bisa menjadi refleksi, motivasi, dan inspirasi untuk semua pihak agar sama-sama menggaungkan dan menancapkan lebih kokoh lagi di dalam hati sanubari dan pikiran terdalam untuk bekerja lebih sungguh-sungguh dalam mempercepat pembangunan di Kubu Raya.

“Mari kita terus berupaya melakukan berbagai langkah inovasi untuk tetap mengawal pembangunan di Kabupaten Kubu Raya, masyarakatnya, dan generasinya agar bisa mewujudkan apa yang kita impikan yaitu Kubu Raya yang bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, dan religius,” ungkapnya usai acara ramah dalam rangka puncak HUT ke-12 Kubu Raya, Rabu (17/7) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.
Muda menilai, saat ini berbagai pencapaian dan hasil pembangunan yang telah ada doi kabupaten ini harus disyukuri, sembari memperbaiki apa-apa yang belum sempurna. Menurutnya, yang terpenting adalah tidak berjalan di tempat. Ia menyebut Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat komit pada pelayanan publik.

“Dari dulu kami tegaskan bahwa di Kubu Raya yang menjadi panglimanya adalah pelayanan publik. Ini adalah tujuan besar kami yaitu kami upayakan agar pelayanan publik kepada masyarakat termasuk kebijakan-kebijakan akan langsung menyentuh dan ada ukuran-ukuran untuk lebih baik lagi. Seperti peningkatan indeks pembangunan manusia, ukuran keamanan, kenyamanan, dan juga sektor-sektor ekonomi masyarakat harus kita perkuat terus,” ungkapnya.

Muda menegaskan, kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Sujiwo akan fokus pada upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Di antaranya mengejar sistem pendidikan, kesehatan, dan hak-hak dasar masyarakat lainnya. Termasuk infrastruktur yang bermanfaat dan mengarah pada hal-hal yang punya nilai tambah pada ekonomi kerakyatan. Termasuk di sektor pelayanan publik terkait perizinan-perizinan maupun urusan-urusan birokrasi.

“Nah, reformasi birokrasi tentu harus kita perkuat dan lakukan dengan seimbang. Termasuk juga dalam konteks bagaimana kita menghilangkan banyak hambatan yang tidak perlu di dalam proses-proses perizinan yang ada untuk investasi di masyarakat dari pelaku usaha. Agar bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan dengan lebih cepat lagi,” paparnya.

Sebelumnya, pada Upacara Peringatan HUT ke-12 Kabupaten Kubu Raya di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengingatkan Bupati Muda Mahendrawan untuk membenahi infrastruktur pemerintahan. “Setiap tahun upayakan bisa membangun kantor pemerintahan dan meningkatkan pembangunan di Kubu Raya,” ujar Sutarmidji.

Sutarmidji juga memberi masukan kepada Muda agar mempercepat pertumbuhan kawasan dengan cara melakukan pembangunan kantor pemerintahan tidak hanya di dalam satu kompleks. “Tapi tempatkanlah di tempat-tempat yang bisa memicu pertumbuhan kawasan itu,” ucap Sutarmidji.
Sementara itu Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menambahkan peringatan HUT ke-12 di Kubu Raya ini, selain menjadi ajang untuk memotivasi diri agar lebih bersemangat dalam membangun kabupaten termuda di Kalbar ini.

“Dengan beragam suku, agama dan budaya pada hari ini kita bisa berbaur dalam kebersamaan untuk memperingati hari jadi Kubu Raya dalam bingkai semangat persatuan dan rasa saling menghargai dan menghormati tentunya ini menjadi salah satu modal utama untuk membangun Kubu Raya menjadi lebih baik dan maju lagi ke depan,” paparnya.

Persatuan dan kesatuan masyarakat kata Sujiwo tentunya harus dijaga untuk mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dan Sujiwo. “Dengan erat persatuan keberagaman ini akan menjadi aset dan kekuatan yang luar biasa untuk Kubu Raya,” ujarnya.

Sujiwo pun menegaskan ke depan dirinya akan terus mendorong peningkatan event kebersamaan dalam memperingatai beragm hari-hari besar di Kubu Raya termasuk peringatan hari jadi Kubu Raya. “Yang pasti model kegiatan kebersamaan yang kami lakukan saat ini akan terus dilestarikan, karena ini memiliki dampak baik dan mengandung makna dan filosifi yang luar biasa, yakni bersatu dalam keberagaman, intinya tetap akan kami kemas lagi separti saat ini dan akna kami upayakan untukditngkatkan lagi kedepannya,” pungkasnya.

Salah satu tokoh pemekaran Kubu Raya, Muhammad Abdul Wahab berharap seiring dengan bertambahnya usia Kubu Raya ke -12 tahun membuat Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa terus berjuang keras untuk membangun kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini menjadi lebih maju, dan sejahtera dari berbagai bidang kehidupan.

“Saya yakin dengan kemampuan dan pengalaman masing-masing pak Muda selaku bupati dan pak Sujiwo selaku wakil bupati ke depan bisa membawa Kubu Raya menjadi kabupaten yang lebih baik dan lebih maju,” harapnya. (ash)

Read Previous

Veddriq Leonardo; Juara Panjat Tebing di China

Read Next

Bupati Landak Pimpin Upacara Peringatan ke-26 Hari Keluarga Nasional

Tinggalkan Balasan

Most Popular