Vaksinasi Gratis Masuk Desa

VAKSIN HEWAN: Tim Vaksinator Rabies Landak dibantu Bhabinkamtibmas setempat saat memvaksin hewan peliharaan milik warga Desa Sekais, Kecamatan Ngabang, Rabu (25/9) lalu. ISTIMEWA

Warga Antusias Bawa Hewan Peliharaan

NGABANG – Pemerintahan Kabupaten Landak, melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Ketanahan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak melakukan penyuntikan Vaksin Rabies terhadap hewan peliharaan di Desa Sekais Kecamatan Ngabang, Rabu (25/9) lalu.

Aksi hari itu pun mendapat sambutan antusias masyarakat. Lebih dari 150 hewan peliharaan mendapatkan vaksin hari itu dengan bantuan dari Bhabinkamtibmas setempat.

Yeni Kezia bekalani, dari Bidang Peternakan DPPKP Landak mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk pencegahan ataupun penyekatan terhadap bahayanya penularan penyakit rabies yang sedang terjadi di Kabupaten Landak.

“Tiga jenis hewan yang kita vaksin meliputi anjing, kucing dan kera, dan hingga saat ini sudah sekitar 150 ekor jewan jenis berbeda yang telah kami vaksin,” ungkapnya Kamis (26/9).

Ia melanjutkan, penyuntikan vaksin pada hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, kera dan musang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan tersebut dan hal paling penting untuk mencegah penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Landak.

Dia menjelaskan, pemberian vaksin antirabies pada hewan juga memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan penular rabies. Vaksinasitor dari Dinas Peternakan Kabupaten Landak, menurutnya sudah bekerja maksimal dengan melakukan penyuntikan vaksin rabies di Kecamatan Jelimpo dalam dua tahun ini secara berturut-turut.

“Tanggapan dan respon masyarakat Desa Sekais dengan digelarnya kegiatan vaksinasi massal ini mendapatkan respon yang positif, hal itu ditunjukan dengan ramainya masyarakat yang menyerahkan hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksin,” katanya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Ngabang Kompol B.Sembiring menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja anggotanya yang dalam kegiatan tersebut selain menjadi pendamping tim dia juga dapat berperan sebagai elsekutor bahkan vaksinator sekaligus.

“Kami berharap partisipasi masyarakat untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan vaksinasi terutama pemilik hewan peliharaan,” ujarnya.

Hadir dan turut berperan menjadi eksekutor vaksin yaitu Bhabinkamtibmas Polsek Ngabang untuk Desa Sekais Brigadir Victorius Pridoni, selain itu juga hadir dari Penyuluh BP2K Kecamatan Jelimpo Atin yang bersama berperan aktif memberikan himbauan bagi warga yang memiliki hewan peliharaan dan hewan ternak lainnya agar mengikat ataupun melakukan pengandangan terhadap hewan peliharaannya.

“Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah petugas dalam memantau kesehatan hewan itu sendiri dan juga menghindari penularan penyakit hewan seperti rabies dan penyakit – penyakit menular lainnya,” terangnya. (mif)

Read Previous

Cegah Terjadinya Tipikor

Read Next

Imam Penuhi Panggilan KPK, Siap Menerima Takdir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *