Veddriq Leonardo; Juara Panjat Tebing di China

JUARA: Veddriw Leonardo menjadi juara pertama dalam event The Belt and Road International Plateau Climbing Master Tournament di Qinghai, China yang digelar pada 14-15 Juli 2019. ISTIMEWA

Latihan Secara Mandiri, Tanding di China Berstatus Undangan

Vedrdriq Leonardo menjuarai kejuaraan internasional panjat tebing di China. Namun perjalanan tak selalu mulus dihadapinya. Bagaimana kisahnya?

RIESALA ANVAR, Pontianak

PEMUDA asal Pontianak ini berhasil menjuarai kejuaraan panjat tebing internasional, di nomor mens speed word record dalam event The Belt and Road International Plateau Climbing Master Tournament di Kota Qinghai, China, yang digelar pada 14-15 Juli 2019.

Veddriq berhasil menjadi yang tercepat di partai final usai mengalahkan atlet tuan rumah Ou Zhi Yong, dengan mencatatkan waktu 5,60 detik. Sedangkan atlet Indonesia lainnya Pangeran Septi Wibowo Siburian menempati peringkat ketiga setelah unggul di perebutan peringkat ketiga dengan waktu 6,15 detik.

Namun perjalanan panjang dilalui oleh veddriq. Ia bercerita kepada Pontianak Post jika sebelum berangkat dari Pontianak untuk menuju Yogyakarta untuk melakukan latihan mandiri. “Di Jogya, saya latihan mandiri dan menumpang latihan,” ucapnya.

Veddriq melanjutkan, saat di Yogyakarta, ia menggunakan biaya sendiri, seperti biaya tiket, transportasi, dam kehidupan sehari-hari, serta mengontrak untuk tempat tinggal. Hanya saja biaya untuk pergi bertanding ke China ditanggung oleh Pemerintah China karena berstatus undangan.

“Pertama saya ke Jawa untuk latihan dan menumpang. Ngontrak sendiri serta biaya hidup seperti tiket, makan, dan transportasi selama di sana,”ceritanya.

Climber yang dijuluki pembunuh berdarah dingin ini mengungkapkan, jika persiapan untuk mengikuti pertandingan di China selama satu bulan lebih, karena sebelumnya hanya latihan ringan selama di Pontinak. Ia merasa bangga atas pencapaiannya kali ini.

“Alhamdulillah senang dan bangga. Semoga mendapat kesempatan lagi untuk bertanding dan berprestasi lagi, bagi di dalam negeri maupun di luar negeri nantinya,” ungkapnya.

Setelah kejuaraan ini, ia mengatakan akan kembali menggelar latihan untuk persiapan pra-PON yang akan digelar bulan September mendatang. “Akan terus latihan dan tidak cepat puas, target selanjutnya bisa lolos PON Papua di 2020 melalui pra-PON di bulan September ini,”ungkapnya.

Sebelumnya, Veddriq juga berhasil menjadi juara di kejuaraan internasioanl di Russia dan mendapatkan medali emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang beberapa waktu lalu. (*)

Read Previous

Teken Kontrak Baru

Read Next

Upacara Puncak HUT ke 12 Kubu Raya

Tinggalkan Balasan

Most Popular