Wabup Sekadau Umumkan 3 Sembuh dan 1 Negatif

KONFERENSI PERS: Wakil Bupati bersama jajaran Pemkab Sekadau saat melakukan konferensi pers terkait perkembangan kasus Covid-19 di daerah ini, Minggu (28/6). SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Update Perkembangan Penanganan Covid-19 di Sekadau

SEKADAU HILIR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau kembali mengumumkan tiga kasus pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif terpapar Covid-19, kini dinyatakan sembuh.

Kepastian itu diterima Pemkab Sekadau usai menerima hasil pemeriksaan swab ke-3 dan ke-4 serta satu orang dinyatakan negatif covid-19 hasil pemeriksaan swab ke-1 dan ke-2 oleh laboratorium RS Universitas Tanjung Pura Pontianak dan Laboratorium Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP).

“Tiga pasien sembuh dari Covid-19 tersebut, yakni Kasus 08 jenis kelamin laki-laki umur 14 tahun asal Sp.5 Melanjan Kecamatan Belitang Hilir, Kasus 09 laki-laki umur 14 tahun warga Tp.Pulau Kec.Belitang Hilir, dan Kasus 10, perempuan umur 45 tahun warga balai sepuak kecamatan Belitang Hulu, berdasarkan uji sampel swab tiga dan empat, ketiganya dinyatakan sembuh dari covid-19,”Kata Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dalam press release, pada Minggu (28/6).

Aloysius menambahkan bahwa, kasus 08, 09 dan kasus 10 yang telah dinyatakan sembuh, sudah melaksanakan isolasi mandiri sejak tanggal 14 Mei 2020 dan tanggal 17 Juni 2020 di rumah isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Disisi lain, Aloysius yang saat melaksanakan konferensi pers turut didampingi oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sekadau turut mengungkapkan kabar perkembangan seputar Covid-19 di Sekadau lainnya. Yakni terkait seorang pasien yang sebelumnya dinyatakan reaktif rapid test, dan telah dilakukan uji swab test hingga hasil laboratorium keluar menyatakan bahwa yang bersangkutan dipastikan negatif terpapar Covid-19.

“Selain itu kita juga menerima kabar baik bahwa salah satu pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 44 tahun, warga Tp.Pulau Kecamatan Belitang Hilir Negatif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab satu dan dua hasil pemeriksaan PCR metode real time,” jelasnya.

“Kepada kasus yang sudah sembuh, tim gugus tugas penangangan covid-19 Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat atas kesembuhan mereka, saya juga berterima kasih kepada semua pihak terutama paramedis dan tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah dalam memutus mata rantai penularan covid-19 ini,” ucap Aloysius.

“Tim gugus tugas terus mengingatkan agar masyarakat terus waspada dan tetap melakukan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penularan wabah covid-19 terlebih lagi apabila masyarakat konsisten dispilin maka pemerintah dapat segera mempersiapkan tatanan pola penyesuaian hidup baru atau new normal di Kabupaten Sekadau,” pungkasnya.

Selain itu, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau juga mengupdate data terbaru seputar perkembangan covid-19 di Kabupaten Sekadau hingga hari Minggu (28/6) sampai dengan pukul 12.00. Dengan rincian orang dalam pemantuan (ODP) sebanyak 86 Orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 0, Orang Tanpa Gejala (OTG) 5 Orang, Hasil Laboratorium RL.PCR, terkonfirmasi 0, negatif 11, menunggu hasil pemeriksaan laboratorium PCR sebanyak 5 orang, selesai pemantauan 937 orang, dan total sembuh sebanyak 10 orang. (sig)