Wadah Aspirasi Mahasiswa Gizi

AKTIF: Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (HIMAZI) melakukan berbagai macam kegiatan untuk menampung dan menyalurkan aspirasi anggotanya. FOTO: HIMAZI FOR ZETIZEN PONTIANAK

Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (HIMAZI)

APA yang terlintas di benak Sobat Z ketika mendengar kata gizi? Jelas gizi nggak jauh-jauh dari dunia kesehatan. Gizi membicarakan seputar fungsi normal dari sistem tubuh, pemeliharaan kesehatan dan pertumbuhan atau sederhananya bidang gizi yang juga disebut nutrisi ini mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit.

Oleh: Mia Islamidewi

Di Pontianak sudah ada program studi Ilmu Gizi di Politeknik Kesehatan atau Poltekkes untuk tingkatan D3 dan D4. Zetizen berkesempatan untuk sharing mengenai kegiatan apa saja yang sudah dan akan digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi atau HIMAZI ini. Anisa Rezky Nurdin selaku Ketua HIMAZI berbagi banyak mengenai cerita organisasi yang dipimpinnya.

“HIMAZI terbentuk sejak tahun 2003 sebagai wadah bagi mahasiswa jurusan gizi untuk menampung dan menyalurkan aspirasinya. Adapun dalam proses rekrutmen pengurus terdapat ketentuan dan persyaratan yang disusun dan ditentukan oleh panitia khusus dari periode sebelumnya. Diawali dengan pengarahan kepada mahasiswa mengenai himpunan,” ungkap cewek yang akrab disapa Nisa ini.

Selanjutnya, tambah Nisa, jika sudah sesuai dengan ketentuan, calon pengurus diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Setelah itu terdapat sesi wawancara dan terakhir pengumuman dengan mengumpulkan seluruh calon pengurus dalam satu ruangan.

“Kalau cerita soal kegiatan yang paling seru adalah ketika kegiatan serah terima jabatan dari pengurus HIMAZI periode lama kepada pengurus baru. Tahun ini kami mengadakan kegiatan ini di Jungkat Beach yang dihadiri oleh pengurus lama, pengurus baru, dosen, staf jurusan gizi, serta wadir. Ini adalah momen yang jelas berkesan, dimana saya dan teman-teman satu kepengurusan menerima tanggung jawab dan berjanji di hadapan semua yang hadir sebagai pengurus HIMAZI yang baru,” Tambah Nisa.

Kegiatannya tersebut tak hanya berhenti sampai prosesi serah terima jabatan tetapi juga terdapat makan bersama dan dilanjutkan dengan outbound yang membut sesama pengurus menjadi lebih dekat. Masih dari cerita Nisa, adapun suka duka yang ia rasakan selama menjadi ketua adalah bisa belajar bagaimana menjadi pemimpin dalam mengambil keputusan, membangun kepercayaan, membangun rasa kerja sama dan kekeluargaan antar pengurus, juga belajar bagaimana membagi waktu antara kuliah dan organisasi agar berjalan bersamaan dengan baik.

“Dukanya terkait beban tanggung jawab yang dipegang memang cukup besar sebagai ketua. Namun berkat teman-teman sepengurusan yang selalu membantu dan mendukung saya, itulah yang membuat saya tetap kuat dalam menghadapi berbagai kondisi,” pungkas gadis berkacamata ini.

Terkait kegiatan, yang sudah dilaksanakan adalah pemilihan Duta Gizi pada November 2019 lalu, Grenalda dan Fidan adalah finalis yang terpilih meraih gelar tersebut. Merayakan Hari Gizi yang jatuh pada tanggal 25 Januari lalu, HIMAZI menggelar perlombaan di bidang olahraga maupun seni. Seru juga ya kegiatan dari teman-teman Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi ini. Semoga sukses selalu, cheers!**

Read Previous

Tarif Parkir Cap Go Meh Normal

Read Next

Musnahkan Ikan Asin dari Kuching

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *