Walau Ditentang, Jokowi tetap Terbitkan Surpres Revisi UU KPK

Massa menggelar aksi di depan Gedung KPK, Jakarta, Jumat (30/8). Mereka memprotes keputusan Pansel Capim KPK yang dinilai tetap meloloskan sejumlah nama yang diduga bermasalah hingga tahap wawancara dan uji publik atau seleksi tahap akhir. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

‎Saat ini terjadi pro dan kontra mengenai revisi terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Banyak pihak menilai revisi tersebut bakal memperlemah lembaga antirasuah tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan secepatnya akan mengirimkan surat presiden atau surpres ke DPR. Hal itu supaya pemerintah bisa melakukan pembahasan dengan DPR.

“Secepat-cepatnya. nanti kalau memang surpres kita kirim, Besok saya sampaikan. Materi-materi apa yang diterima perlu direvisi,” ujar Presiden Jokowi di Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9).

Jokowi mengatakan, dia baru menerima Daftar Inventarisasi Masalah (DIM). Oleh karen itu, dirinnya akan mempelajari terlebih dahulu. Sebab nantinya dirinya akan memberikan penjelasakan mana-mana saja yang perlu dilakukan revisi.

“Sadi baru saya terima DIM-nya tadi. Akan saya pelajari hari ini. Sementara itu dulu, saya pelajari,” katanya.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin‎ mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sikapnya tetap konsisten dari awal untuk memperkuat KPK dalam memberantas korupsi. Pemerintah juga menginginkan KPK untuk mengedepankan aspek pencegahan.

“Komitmen presiden itu adalah untuk memperkuat posisi KPK. Itu diharapkan sejak awal oleh presiden dan presiden punya komitmen untuk itu,” ujar Ngabalin.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan‎ Presiden Jokowi belum membaca mengenai polemik revisi UU KPK. Sehingga Presiden Jokowi belum berkomentar. Tetapi Presiden Jokowi fokus terhadap komitmennya memperkuat lembaga antirasuah tersebut.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Read Previous

Serapan Dunia Kerja Makin Tinggi

Read Next

Asap Makin Tebal, Gubernur Liburkan SMA/SMK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *