Warga Antusias Kunjungi Mempawah Expo

STAND PAMERAN : Salah satu stand pameran yang ada pada kegiatan Mempawah Expo 2019.ISTIMEWA

MEMPAWAH – Sejak dimulai tanggal 20 Agustus lalu, arena Mempawah Expo di Komplek GOR Opu Daeng Menambon Mempawah selalu dipenuhi pengunjung. Terlebih pada malam hari, ribuan warga antusias menyambangi lokasi Mempawah Expo 2019 untuk melihat aneka ragam produk unggulan daerah yang ditampilkan di masing-masing stand pameran.
Salah seorang pengunjung, Fiza mengaku sangat senang berkunjung ke arena Mempawah Expo 2019. Sebab, menurut dia, Mempawah Expo memberikan beragam informasi yang mengedukasi dirinya.

“Sangat senang sekali dengan adanya Mempawah Expo ini. Karena, saya bisa melihat berbagai jenis barang dan produk yang selama ini tidak ditemukan di pasaran. Sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang produk lokal,” pendapat Fiza, Jumat (23/8) sore saat berkunjung di salah satu stand pameran Mempawah Expo 2019.
Siswi salah satu SMK di Kota Mempawah itu menilai, Mempawah Expo menjadi wadah pembelajaran positif bagi masyarakat. Terutama bagi para pelajar seperti dirinya guna memperkaya informasi dan pengalaman.

“Yang paling menarik, setiap stand pameran menampilkan hal-hal unik yang berbeda-beda. Sehingga, kita bisa banyak belajar dari beragam tampilan dan informasi yang disampaikan masing-masing peserta pameran. Intinya semakin menambah pengetahuan dan ilmu,” tuturnya.
Hanya saja, dirinya meyayangkan singkatnya penyelenggaraan Mempawah Expo 2019 yang hanya berlangsung kurang lebih lima hari. Padahal, menurut dia, masih banyak stand-stand pameran yang belum dikunjunginya.

“Harapannya waktu pelaksanaan Mempawah Expo bisa diperpanjang selama 2 minggu. Agar kita bisa mendatangi seluruh stand pameran dan menyerap pengetahuannya. Saya sangat senang mengunjungi seluruh stand dan melihat hal-hal unik yang belum pernah ditemukan,” akunya.
Senada itu, warga Kota Mempawah, Imran memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Mempawah Expo 2019. Dia menilai susunan acara yang disuguhkan panitia sangat baik dan tepat. Sebab, tidak hanya menampilkan informasi dari stand pameran melainkan juga hiburan yang edukatif.

“Saya sangat senang dengan hiburan yang menonjolkan kesenian dan kebudayaan daerah. Misalnya tampilan dari sanggar-sanggar di Kabupaten Mempawah. Ini sangat baik sekali untuk melestarikan nilai adat dan budaya masyarakat,” katanya.
Sekaligus, sambung dia memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda agar lebih mengenal kearifan lokal seni budaya daerahnya sendiri. Hal itu sangat penting untuk membentengi generasi muda dari pengaruh kebudayaan barat yang bertentangan dengan adat istiadat masyarakat timur.

“Disamping memberikan hiburan, juga menjadi pembelajaran bagi generasi muda sekarang. Mereka tidak boleh melupakan adat istiadat daerah sendiri. Kita harus terus melestarikan kebudayaan lokal,” pungkasnya. (wah)

Read Previous

Korban Cabut Laporan Curanmor

Read Next

Trenggiling Terpanggang

Tinggalkan Balasan

Most Popular