Warga Masih Abai Protokol Kesehatan

NGABANG – Setelah resmi menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 41 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, Pemerintah Kabupaten Landak besama TNI dan Polri menggelar razia, Selasa (6/10).

Razia pagi itu menyasar Pasar Rakyat Landak dan Terminal Dara Itam Ngabang. Tampak sejumlah warga masih abai untuk menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker.

Kabag Ops Polres Landak Kompol Ida Bagus Gde Sinung menjelaskan, selama beberapa hari ke depan razia masker akan terus dilakukan. Harapannya, masyarakat dapat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, meski tanda ada petugas.

“Guna mencegah penyebaran virus Covid-19, Kami turun langsung ke tempat keramaian untuk menerapkan peraturan bupati tersebut,” ucapnya.

Ia menyampaikan dalam pelaksanaan penegakan peraturan protokol kesehatan, sasaran nya adalah tempat-tempat keramaian seperti pasar, swalayan dan tempat-tempat usaha lainnya.

“Pasar dan Terminal Ngabnag adalah beberapa sasaran penegakan penerapan protokol kesehatan untuk kali ini,” ucap Ida Bagus.

Sesuai dengan peraturan bupati ada beberapa tindakan yang akan lakukan apabila tidak mematuhi protokol kesehatan mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial, pembubaran kegiatan, hingga pencabutan izin usaha bagi para pelaku yang melanggar.

Saat pelaksanaan penerapan di temukan beberapa orang yang tidak menggunakan masker yang kemudian ditindak berupa teguran lisan dan ada pula yang melaksanakan kerja sosial.

“Pelaksanaan penegakan penerapan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan setiap hari guna memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang saat ini semakin hari semakin bertambah,” ucap Ida Bagus. (mif)

error: Content is protected !!