Warga Muhammadiyah Sambas Diimbau Salat Id di Rumah

SAMBAS – Warga Muhammadiyah Kabupaten Sambas sudah memastikan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H jatuh pada Minggu 24 Mei 2020.

“Sudah ada ketetapan dari pimpinan pusat Muhammadiyah, dan itu juga dengan awal Ramadan kemarin,” kata Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sambas, Minhani SE.

Keputusan tersebut, sudah jauh-jauh hari disebarkan ke seluruh jajaran Muhammadiyah di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sambas. Dimana ditetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H jatuh pada Minggu 24 Mei 2020.

Ketetapan itu dilihat Ijtima jelang Syawal 1441 H terjadi pada Sabtu 23 Mei 2020 Pukul 00.41 WIB. Dimana tinggi bulan pada saat terbenam matahari di wilayah Jogjakarta pada ketinggian enam derajat diatas ufuk dan diseluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam bulan berada di atas ufuk.  Kemudian berdasarkan perhitungan astronomi Muhammadiyah mengabarkan 1 Zulhijah 1441 jatuh pada pada Rabu 22 Juli 2020.

Dalam pelaksanaan penyambutan Idul Fitri, termasuk dalam salat Ied ditengah kondisi wabah covid 19 . Minhani mengaku, di Muhammadiyah sudah ada edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 04/EDR/I.0/E/2020 tentang tuntunan salat Idulfitri dalam kondisi darurat pandemi covid-19.

“Pada edaran itu imbauan kepada warga muhammadiyah untuk laksanakan salat Ied di rumah,” katanya.(fah)

Read Previous

Sempat Terjadi Adu Mulut, Petugas Jemput Paksa PDP Yang Tolak Isolasi

Read Next

Bantu Tanggulangi Covid-19, Alfamart Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Kubu Raya