Warga Serbu Vaksinasi Malam

ANTRE VAKSIN: Sejumlah warga mengantre untuk disuntik vaksin Covid-19 di Plaza MTQ Untan/eks Café Nineteen, kemarin. RONALD/PONTIANAKPOST

PONTIANAK – Vaksinasi malam hari yang digelar Dinas Kesehatan Kalimantan Barat dan Lantamal XII Pontianak, Sabtu (23/10) di Plaza MTQ Untan/eks Café Nineteen diserbu warga. Pelaksanaan vaksinasi kali ini dijadwalkan sejak pukul 16.00 hingga pukul 21.00.

Dari pantauan Pontianak Post, antrean panjang sudah terlihat sejak sore. Tempat duduk yang disediakan penyelenggara tak mampu menampung para pengantre. Sebagian tampak berdiri berbaris rapi. Ada pula yang duduk di taman sembari mengisi blanko.

Sementara itu, tak begitu jauh di belakang pengantre, sejumlah atlet balap sepeda terlihat sedang latihan di taman sepeda yang berada di lokasi yang sama.

Leo, seorang warga mengaku memilih untuk divaksin di tempat ini karena suasana yang tidak terlalu formal. “Di sini santai. Tempatnya terbuka. Ada taman, bisa sambil jalan-jalan dan dekat kantin,” katanya.

Selain itu, ia juga tertarik karena berdasarkan pengumuman sebelumnya, penyelenggara menyediakan vaksin jenis Pfizer. “Maunya divaksin Pfizer makanya ke sini, Pfizer kan jarang,” jelasnya. Namun, ketika ditanya kepada petugas, untuk sementara vaksin jenis Pfizer belum tersedia. “Belum datang. Yang ada cuma Sinovac dan AstraZeneca,” ujar seorang petugas vaksinator.

Vaksinasi malam hari ini merupakan pelaksanaan di pekan kedua. Selain di tempat ini, vaksinasi malam juga diadakan di kawasan Waterfront Jalan Barito dan Taman Akcaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson sebelumnya mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi di malam hari ini merupakan bagian dari upaya jemput bola guna percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 di Kalbar.

Plaza MTQ Untan dipilih karena menjadi tempat berkumpulnya warga untuk rekreasi atau olahraga. Jadi, bagi warga yang berkunjung dan kebetulan belum divaksin, diharapkan bisa mamanfaatkan kegiatan tersebut.

Menurut Harisson, jika memungkinkan, vaksinasi di Plaza MTQ akan digelar secara rutin setiap Sabtu dan Minggu malam. “Kalau peminat bertambah, akan kami rutinkan,” kata Harisson.(ron)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!