Workshop HIPO Academy Perdana di Kalbar

WORKSHOP: HIPO Internasional menggelar workshop bertajuk HIPO Academy yang berlangsung di Hotel Orchadz Perdana, Sabtu (21/9) pagi. ISTIMEWA

Bentuk Kader jadi Individu Berkualitas

PONTIANAK – Himpunan Pengusaha Online (Hipo) Internasional menggelar workshop bertajuk Hipo Academy yang diselenggarakan di Hotel Orchadz Perdana, Sabtu (21/9). Workshop tersebut bertujuan mencetak kader yang memiliki pemahaman terhadap organisasi Hipo internasional itu sendiri.

Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Hipo Internasional, Ekky Noviar, S.SOS, MM, menjelaskan, Hipo Academy merupakan lembaga pendidikan dan latihan yang berorientasikan membentuk para kader menjadi individu berkualitas. Ia juga mengatakan bahwa workshop ini ditujukan khusus bagi kader-kader yang sudah sampai di tahap karier fungsional.

Selain itu, melalui Hipo Academy mereka juga merangkul pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), untuk dibantu bagaimana ke depannya mereka memiliki usaha yang lebih baik lagi. Terlebih di era digital seperti saat ini, diakui dia, tentu para pelaku UMKM sangat membutuhkan sekali, agar usaha yang digeluti bisa lebih baik dan semakin maju. “Melalui Hipo Academy ini, kita tak hanya merangkul usaha mikro kecil dan menengah saja, tapi juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat,” ujar Ekky kepada Pontianak Post.

Dia juga mengungkapkan kegiatan Workshop Hipo Academy di Kalbar ini merupakan yang pertama kali atau perdana diadakan di seluruh Indonesia. Sementara untuk daerah lainnya, dipastikan dia akan turut mengadakan kegiatan yang sama, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pengurus Hipo Pusat. Menanggapi workshop ini, Ekky mengatakan bahwa hal ini bisa dijadikan sebagai langkah bentuk uji coba, bagaimana Hipo Internasional menyosialisasikan program-program organisasi kepada setiap kader. “Artinya di sini kita bertujuan agar bagaimana setiap kader Hipo memiliki keseragaman terkait bagaimana berpikir, bertindak, hingga berbuat,” katanya.
Lebih lanjut, dia juga menjelaskan beberapa tujuan lain diadakannya Workshop Hipo Academy, yakni untuk melatih, mendidik, dan mengembangkan kualitas tiap kader. Kemudian tujuan lainnya disebutkan dia, agar setiap kader memiliki jiwa enterpreneur berbasis digital. Terakhir, harapan dia agar Hipo Internasional bisa membentuk suatu kebersamaan, persaudaraan, kekompakan di antara pengurus dan anggota pada umumnya.

“Harapan utama tentu agar Hipo Internasional ke depan bisa menjadi unicorn baru di Indonesia. Selain itu kita juga berharap Hipo bisa menjadi wadah industri bagi pelaku UMKM bebasis digital, khususnya di Kalbar. Karena yang ingin kita capai bukan lagi industri 4.0 saja, kalau bisa 5.0,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Hipo Kalbar, Kasmini, SP, mengatakan, ada beberapa materi yang akan disampaikan kepada kader-kader yang mengikuti Workshop Hipo Academy, yakni terkait keorganisasian, ekonomi, dan kode etik Hipo Internasional sendiri. “Kode etik dalam hal penyampaian kepada masyarakat, kemudian kode etik tentang cara perilaku para kader, kemudian bagaimana cara tiap kader menjalankan organisasi,” kata dia.

Dia menambahkan, hingga saat ini kader Hipo di Kalbar yang terdaftar secara resmi berjumlah sekitar 2 ribu orang. Hal itu, menurut dia, menunjukkan bahwa antusiasme dan potensi yang dimiliki kader Hipo di Kalbar sangat luar biasa. Terlebih, kata dia, kader-kader di Kalbar memiliki semangat yang tinggi.

“Mereka sangat semangat untuk terus berkembang di Hipo. Selain itu mereka punya rasa keingintahuan yang luar biasa terkait bagaimana caranya berkarier. Ini tentu langkah baik, selain mereka bisa membantu perekonomian keluarganya, mereka juga bisa membantu masyarakat pada umumnya,” pungkasnya. (Sig)

loading...