Bupati Kunjungi Dua Koperasi
Yakin Produk Lokal Bisa Bersaing

KUNJUNGAN: Rombongan Bupati Bengkayang saat menyambangi Koperasi Produsen Mekar Sari, di Desa Mayak, Kecamatan Seluas, kemarin pagi. Humpro for Pontianak Post

BENGKAYANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke dua koperasi yang ada di wilayah perbatasan Kabupaten Bengkayang, kemarin pagi. Dalam kegiatan ini, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis didampingi Wakilnya Syamsul Rizal dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

Adapun lokasi tujuan kunker tersebut yakni Koperasi Produsen Mekar Sari, di Dusun Raharja, Desa Mayak, Kecamatan Seluas dan Koperasi Bong Top Pui, Desa Jagoi. Selain itu, rombongan juga menyambangi pusat kerajinan yang terletak di Dusun Kindau, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang,

“Untuk diketahui, Koperasi Mekar Sari merupakan salah satu dari 30 koperasi yang berada di wilayah perbatasan yang memiliki usaha unggulan, terutama berupa peternakan kambing PE atau Peranakan Ettawa dan turunannya,” ucap Darwis.

Produk ternama yang dihasilkan dari Koperasi Mekar Sari yakni berupa susu kambing, kambing potong dan pupuk kandang yang berkualitas baik. Darwis berencana untuk menjadikan lokasi peternakan Dusun Raharja Desa Mayak, tempat Koperasi Mekar Sari ini sebagai pusat produksi kambing. Peternakan di kawasan ini akan terus dikembangkan melalui sinergi antar-OPD.

“Selain bisa dikembangkan untuk peternakan, juga dapat dijadikan sebagai tempat kunjungan agrowisata ternak, pusat pemanggangan, dan pusat penelitian untuk pengembangan ternak kambing unggul di Kalimantan Barat,” terangnya.

Saat ini, kerja sama dengan Balai POM dan LPPOM MUI sudah dilakukan untuk sertifikasi izin edar BPOM maupun sertifikasi halal. “Ini kita lakukan agar produk kita ini dapat dipasarkan dan memiliki daya saing regional dan global,” ujarnya.

Darwis juga menambahkan satu hal penting yang dirasa perlu, yakni soal keterbatasan jaringan telekomunikasi/internet di daerah setempat. Menurutnya, masalah ini akan diatasi melalui program BADAN Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ia pun berpesan agar kelompok tani yang tergabung dalam Koperasi Mekar Sari untuk tetap bersemangat. “Kita juga sangat berterima kasih kepada para kelompok tani yang tergabung, terutama karena sudah banyak andil dalam membina serta mengembangkan usaha yang ada di ruang lingkup Koperasi Mekar Sari ini,” ucapnya.

Dari segi permodalan, ia berharap pihak perbankan bisa membantu. Begitu pula dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. “Tidak kalah pentingnya adalah akses jalan. Secara bertahap ini menjadi perhatian Pemkab Bengkayang, sebagai upaya mewujudkan kawasan agrowisata ternak dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Koperasi Mekar Sari, Ali Solihin menyampaikan keluh kesahnya, terutama kondisi di tengah Pandemi Covid-19 yang dirasa memang cukup berdampak terhadap keberlangsungan produksi. Namun, kata dia, dengan berbagai dukungan semua pihak, semua masalah yang ada dapat dihadapi hingga akhirnya mereka dapat bertahan sejauh ini.

“Tentunya harapan kita di sini mudah-mudahan ke depan (Koperasi Mekar Sari) dapat kembali menggeliat,” tuturnya.

Di tempat lainnya, Bupati Darwis bersama rombongan turut menyambangi Koperasi Bong Topui yang menjadi pusat kerajinan di Kecamatan Jagoi Babang. Dalam kesempatan tersebut, rombongan melihat langsung proses pembuatan kerajinan rotan bidai.

Darwis menilai Koperasi Bong Topui merupakan salah satu koperasi yang paling tua dan masih bertahan di tengah pandemi. Agar koperasi ini tetap eksis dengan usaha kerajinan bidai, pemkab mencadangkan areal seluas 100 ha untuk menanam rotan.

Darwis optimistis produk kerajinan Koperasi Bong Topui mampu bersaing di pasaran dengan manfaatkan peluang PLBN Jagoi Babang untuk keberlangsungan usaha.

“Ke depan pemda akan membangun perusahaan daerah yang akan menjadi penopang bagi berbagai usaha masyarakat, baik kelompok tani, kelompok perajin, BUMDes dan koperasi,” ungkapnya. Ia berharap produk kerajinan ini bisa mendapatkan Hak Merek dan HAKI.(sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!