ZAKAT GAJI DAN BONUS

opini pontianak post

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Saya bekerja di suatu perusahaan tetapi gaji saya tidak mencapai nishab untuk bayar zakat. Tetapi ada dapat bonus jika melebihi target dan jika di tambah bonus hasilnya masuk nishab zakat. Apakah saya harus membayar zakat pas dapat bonus atau tidak usah bayar zakat sama sekali.

Waalaikum salam warahmatullah wabarakatuh..

Terima kasih atas pertanyaan saudara semoga jawaban ini bisa memberikan jalan terbaik dalam pengelolaan harta berupa uang gaji yang saudara miliki sehingga meraih barokah dan ridha Allah SWT.

Senantiasa berdoa kepada Allah SWT, semoga kita terhindar dari berbagai macam cobaan hidup, kekurangan pangan, penyakit-penyakit, wabah serta perbuatan keji dan mungkar baik dhahir maupun bathin yang sedang melanda negeri ini. Aamiin.

Terdapat dua objek zakat yang mendekati dengan kasus saudara ini. Pertama objek zakat maal (harta), kedua adalah profesi (pekerjaan/keahlian). Pada kasus saudara ini, jika ditinjau dari sudut pandang objek zakat maal maka belum masuk kategori wajib zakat karena belum sampai nishabnya dan belum mencapai satu tahun (haul). “Tidak ada kewajiban zakat pada harta sampai genap satu tahun” (HR. Abu Daud). Tapi jika ditinjau dari objek zakat profesi maka saudara bisa dikenakan wajib zakat sebanyak 2,5% dari gaji yang saudara miliki. Hal ini bentuk kehati-hatian saudara terhadap harta yang dimiliki. Dasar hukumnya terdapat pada QS. Al-Baqarah:267, “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian apa yang kamu keluarkan dari bumi untuk  mu.”

Menurut Yusuf Qardhawi, ayat ini tidak hanya berlaku khusus saja pada objek zakat, tetapi berlaku umum pada usaha yang dilakukan oleh manusia termasuk karyawan seperti yang saudara alami sekarang.

Apalagi bonus yang saudara dapati melebihi nishab yaitu setara dengan 85 gram emas, maka meruapakan kewajiban saudara mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5% terutama setelah mencapai 1 tahun (haul).

Demikian, wallahua’lam bissawab.

 

loading...