Zakat Sewa Ruko

opini pontianak post

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Bapak Ust. Rasiam yang dirahmati Allah SWT, saya punya lima ruko yang dikontrakkan. Biaya sewa satu tahun untuk satu ruko Rp50 juta. Saya pengin berzakat untuk ruko saya. Berapakah yang harus saya keluarkan?

Jawaban:
Waalaikum salam warahmatullah wabarakatuh..
Terima kasih atas pertanyaan Bapak. Semoga jawaban ini bisa memberikan jalan terbaik terhadap harta bapak sehingga meraih berkah dan rida Allah SWT sehingga usaha ruko bapak berjalan dengan lancar. Semoga Bapak juga senantiasa dianugerahi kesehatan zahir dan batin.
Zakat merupakan salah satu sumber utama umat Islam di zaman Rasulullah SAW sampai kepada para sahabat dan tabi’in. Zakat merupakan instrumen pendapatan negara untuk kemudian didistribusikan seluas-luasnya kepada fakir miskin. Zakat maal menjadi salah satu sumber yang sangat positif karena potensinya sangat bagus.
Hanya saja di zaman Rasulullah SAW belum terbiasa adanya sewa ruko untuk diniagakan. Namun bukan berarti sewa ruko merupakan hal yang dilarang. Begitu pula mengeluarkan zakat penghasilannya. Di tambah lagi adanya kesadaran zakat yang tinggi seperti yang dicontohkan oleh Bapak.
Kepatuhan berzakat Bapak ini sebagai ikhtiar untuk terhindar dari ancaman Allah SWT di dalam QS. Al-Humazah; 1-2 di mana ayat ini sering dibaca oleh imam tarawih. Artinya: “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela (1), yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung”.
Di samping itu, zakat wajib dikeluarkan karena di dalamnya terdapat hak orang miskin, QS. Az-Dzaariyyaat; 19, “Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta”.
Lebih gamblangnya lagi, QS:2; 267 memerintahkan agar kita mengeluarkan zakat dan infak di setiap usaha kita yang baik-baik dan setiap apa-apa yang dikeluarkan (dihasilkan) dari dalam bumi.
Penghasilan sewa ruko yang Bapak miliki tergolong harta berupa uang. Untuk itu kewajiban zakatnya adalah maal atau zakat harta yang nishab-nya mengikuti emas yaitu setara 85gram emas.
Untuk memudahkan menghitung zakat penghasilan sewa ruko seperti yang bapak tanyakan, mari kita hitung sebagaimana berikut; 5 ruko x Rp. 50.000.000,-/tahun = Rp. 250.000.000,-/Tahun. Jadi Rp. 250.000.000 x 2,5 % = Rp. 6.250.000,-.
Demikian semoga bermanfaat dan saya doakan semoga usaha sewa ruko Bapak berjalan lancar. Wallahua’lam bisshawab.

loading...