Zakat Tunjangan Pensiunan

opini pontianak post

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Saya seorang pensiunan. Jadi gaji pensiunan saya telah mencapai nisab. Apakah pensiunan seperti saya wajib zakat. Bagaimana cara membayarnya?

Jawaban:
Waalaikum salam warahmatullah wabarakatuh..
Terim kasih atas pertanyaan bapak semoga jawaban ini bisa memberikan jalan terbaik dalam pengelolaan harta berupa uang pensiun yang bapak miliki sehingga meraih barokah dan ridha Allah SWT. Dan semoga bapak senantiasa dianugerahi kesehatan zahir dan batin.
Senantiasa berdoa kepada Allah SWT, semoga kita terhindar dari berbagai macam cobaan hidup, kekurangan pangan, penyakit-penyakit, wabah serta perbuatan keji dan mungkar baik dhahir maupun bathin yang sedang melanda negeri ini. Aamiin.
Bapak yang saya hormati, di dalam kitab-kitab fiqh tidak ada zakat pensiunan, yang ada adalah zakat harta atau maal. Jadi kasus bapak ini terkategorikan zakat harta (maal).
Bapak mempunyai kewajiban untuk mengeluarkan zakatnya karena telah memenuhi rukun dan syarat-syarat zakat dan tergolong kepada objek zakat berupa harta tabungan. Harta bapak memenuhi syarat-syarat wajib zakat, mencapai nishab yaitu setara dengan 85 gram emas atau lebih, maka bapak mempunyai kewajiban untuk mengeluarkannya sebesar 2,5% dari jumlah harta tersebut. Dan kewajiban zakat maal bapak ini berlaku selama satu tahun (haul).
Dasar dari zakat maal ini adalah QS. At-Taubah: 103; “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka”. QS. Al-Baqarah:267, “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian apa yang kamu keluarkan dari bumi untuk mu.”
“Islam dibangun di atas lima hal: kesaksian sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, melaksanakan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (HR Bukhari Muslim)
Untuk lebih mudah menghitungnya, saya akan berikan contoh sebagai berikut. Misalnya uang pensiun bapak Rp100.000.000, maka hitungan zakat mal bapak adalah Rp100.000.000 x 2,5 % = Rp2.500.000 berlaku selama satu tahun (haul).
Demikian, wallahu a’lam bissawab.

loading...